RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN KIMIA
MATA KULIAH : BELAJAR DAN
PEMBELAJARAN
DOSEN PEMBIMBING :
DRS.M.NASRUN,S.Pd,M.Pd
Di susu oleh :
IRA SARI ( F17112008)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas sekolah : SMA NEGERI 2 SAMBAS
2.
Mata pelajaran :Kimia
3.
Kelas / semester :XII/1
4.
Alokasi waktu :3 X45 Menit ( 1kali pertemuan )
A.
Standar kompetensi : memahami karateristik unsure – unsure penting , kegunaan
bahayanya, serta terdapatnya di alam
B.
Kompetensi dasar : menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsure
dan senyawanya dalam kehidupan sehari – hari
C.
Indicator
1.
menjelaskan
manfaat dan dampak unsure – unsure ( seperti gas mulia,halogen, alkali , alkali
tanah,alumanium, karbon, silicon,belerang,krom,tembaga,seng,besi,oksigen,dan
nitrogen ) serta senyawanya dalam kehidupan sehari –hari dan industry .
2.
Menjelaskan pembuatan unsure – unsure dan
senyawanya di laboratorium dan industry ( misalnya H2SO4 ,N2 , Fe,Al,NH3, dan O2
)
3.
Menentukan komposisi unsure dalam pupuk
D.
Tujuan pembelajaran
Setelah pembelajaran slesai di laksanakan
siswa diharapkan dapat :
1.
menyatakan
kelimpahan unsure – unsure di alam
2.
Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan dampak dan manfaat beberapa unsure logam serta
senyawanya dalam kehidupan sehari – hari dan industry
3.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan
manfaat dan dampak beberapa unsure nonlogam serta senyawanya dalam
kehidupan sehari – hari dan industry
4.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengetahui
sifat-sifat unsure
5.
Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui proses pembuatan unsure dan senyawanya di
laboratorium dan industry
6.
Melalui pemberian tugas dari guru siswa dapat
mengetahui komposisi unsure dalam pupuk
7.
Melalui diskusi, siswa dan guru dapat menarik
kesimpulan dari manfaat , dampaka dan proses pembuatan unsure dan senyawanya
dalam kehidupan sehari – hari .
E.
Materi pokok
1.
Kelimpahan unsure – unsure di alam
2.
Manfaat
dan dampak unsure – unsure logam serta
senyawanya
3.
Manfaat dan dampak unsure – unsure nonlogam serta senyawanya
4.
Sifat –sifat unsure
5.
pembuatan
unsure dan senyawanya dalam laboratorium dan industry
6.
Komposisi unsure dalam pupuk
F.
Strategi Pembelajarn
Model pembelajaran : STAD
Metode :
Ceramah,diskusi dan Tanya jawab
G.
Langkah – langkah pembelajarn
·
Kegiatan awal
10 menit
a.
Guru memberikan salam kepada siswa saat masuk
kelas
b.
Guru mengabsen siswa
c.
Guru mengimformasikan secara garis besar tujuan
pembelajaran yang akan di capai oleh siswa.
d.
Guru memaparkan secara garis besar terhadap
materi yang akan di sampaikan
e.
Guru mulai menggali pengetahuan siswa tentang
ikatan unsure
·
Kegiatan inti
100 menit
1.
Ekplorasi
a.
Guru
memberikan imformasi tentang kimia unsure sperti kelimpahan unsure –
unsure di alam, manfaat dan dampak beberapa unsure logam dan senyawanya
b.
Guru mengorganisasikan siswa kedalam kelompok (satu kelompok 3 orang waktu )untuk mendiskusikan tentang manfaat dan
dampak unsureserta senyawanya
c.
Guru memberikan
materi yang akan dibahas dan akan di persetasikan
2.
Elaborasi
a.
Siswa mendiskusiakan materi yang telah di bagi
b.
Guru
membimbing diskusi siswa
c.
Guru memfasilitasi diskusi siswa
d.
Tiap kelompok persentasi kedepan dengan waktu
yang telah di tetapka
e.
Guru membimbing presetasi siswa
sertamemfasiliatsi siswa
f.
Guru menaggapi hasil presentasi siswa dan
mengklarifikasi atas informasi yang kurang benar
g.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
3.
Konfirmasi
a.
Guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang
menyampaikan hasil diskusinya dengan baik
b.
Guru guru memberikan penguatan materi
c.
Guru memberiakan skor terhadap hasil presentasi
siswa
·
Kegiatan penutup 20 menit
a.
Guru dan siswa sama – sama merangkum materi yang
telah di bahas
b.
Guru memberikan kuis
c.
Guru memberikan tugas rumah secara individu
materi tentang komposisi unsure dalam pupuk
d.
Guru mengimfokan untuk materi pertemuan
selanjutnya
e.
Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam
·
Sumber media
Sumber
1.
Buku KIMIA untuk SMA kelas XII PENERBIT ERLANGGA
Michel Purba KTSP 2006
2.
Buku KIMIA
untuk SMA /MA kelas XII Intan Pariwara
Anis Dyah Rufaida & Emi Sulami
3.
Internet
Media dan alat
Papan tulis,spidol,pengapus,tinta,
LCD
·
Penilaian
Dikusi kelompok
Kuis
Tugas ( pekerjaan rumah )
Penilaian diskusi kelompok
No
|
Nama
|
Presentasi materi kelompok 50
|
Bertanya 20
|
Menjawab10
|
Berkomentar 10
|
kesimpulan10
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
Soal kuis
1.
Unsure nonlogam
yang terdapat dalam keadaan bebas di alam yaitu ?
2.
Unsure – unsure golongan VIIA di sebut dengan ?
3.
Dengan betrambahnya nomor atom halogen , maka ?
4.
Unsure alkali yang sifatnya mirip dengan
magnesium adalaha ?
5.
Unsure logam yang memberikan nyala warna merah
adalah ?
6.
Pasangan senyawa alkali yang keduanya sukar
larut dalam air yaitu ?
7.
Urutan unsure – unsure alakali tanah berdasarkan
sifat pereduksi dari pereduksi lemah ke pereduksi kuat adalah ?
8.
Bahan – bahan alam yang mengandung unsure atau
senyawa tertentu dalam kadar yang relative di sebut dengan ?
9.
Seorang ahli kimia yang dari kanada yang
berhasil membuat senyawa xenon, yaitu ?
10.
Halogen merupakan unsure nonlogam mempunyai
sifat ?
Kunci jawaban
1.
Argon,oksigen,nitrogen dan belerang
2.
Halogen
3.
Jari – jari atom bertmbah
4.
Li
5.
Strontium
6.
MgCO3 dan BaSO4
7.
Mg,Ca,Ba,Sr
8.
Mineral
9.
XePtF6
10.
Paling reaktIf
PENILAIAN
KUIS
Memilih 5 soal dari 10 soal yang
tersedia yang dianggap paling mudah satu soal skornya 20
NO
|
SKOR
|
1
|
20
|
2
|
20
|
3
|
20
|
4
|
20
|
5
|
20
|
Mengetahui Sambas,
1 November 2013 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMA NEGERI 2 SAMBAS
Ade Sujana S,pd Ira
Sari S.Pd
NIP. 1968121119781019 NIP.
19941808202015032001
No comments:
Post a Comment