Thursday, November 7, 2013

pengantar pendidikan

Tugas pengantar pendidikan kelempok 2
ira sari

Pertanyaan
  1. Pertanyaan dari weli yurina, jelaskan keterkaitan antara generelisasi,hukum,teori-teori
  2. Pertanyaan dari mega salawati, pendidikan formal dan nonformal mana yang lebih baik ? jelaskan
  3. Pertanyaan dari indrawati, system pendidikan seperti apa yang harus di terapkan untuk peserta didikmenjadi lebih baik? Jelaskan
  4. Pertanyaan bagus cahyanto, menurut anda peserta didik dan pndidik mana yang lebih dominan ?  jelaskan
  5. Pertanyaan dari windi, sifat kewibawaan seorang pendidik seperti apa yang lebih baik?
  6. Pertanyaan dari firmansyah, tujuan intrinsik pendidik dan terbebas  dari tujuan ekstrinsik pendidik maksudnya apa? Jelaskan
  7. Pertanyaan dari Mirnawati, Keterkaitan antara 4 alat pendidikan dan bagaiman cara penggunaannya alat alat tersubut?
  8. Pertnyaan dari mely indah yani Maksud dari maksud dari peserta didik yang otonom itu apa?














Jawab
  1. keterkaitan antara generelisasi,hukum,teori-teoriyaitu
  2. Antara pendidikan formal dan nonformal yang baik yaitu menurut kelompok kami pendidikan formalyang baik tetapi tidak adanya nonformal juga tidak bagus,dalam seseorang belajar.seorang siswa belajar di kelas jika waktunya tidak cukup untuk menanyakan hal yang tidak jelas. Maka ia dapat mengikuti bimbel agar pembahasannya semakin bagus. Jadi pendidikan formal dan nonoformal adalah pendidikan yang sama-sama penting dan baik.
  3. System pendidikan yang di terapkan agar peserta didik lebih baik yaitu system pendidikan yang sudah di tentkan oleh pemerintah system ktsp dan kbk.menurut kelompok kami system yang baik yang harus di terapkan dalam dalam proses pembelajaran,siswa harus aktif dalam belajar. Pendidik harus menanamkan sifat akhlak mulia dan menerapkan serta harus mengetahui atau mengetahui hal yang harus di pelajari di sekolah maupun kehidupan sehari hari jadi pendidikan yang bagus yaitu pembelajaran yang tidak hanya mengutamakan ilmu tetapi juga memberi karakter kepada pendidik yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti.
  4. Menurut kelompok kami dua-duanya dominan karena dalam proses pendidik haruslah terdiri dari pendidik dan peserta didik,tetapi dalam hal tersebut peserta didik sangatlah berpengaruh terhadap pendidiknya karena peserta didik lazimnya meniru apa yang di lihatnya dari dari pendidik seprti sifat yang ditunjukan seorang pendidik saat melakukan proses pembelajaran ataupun tidak seperti halnya dalam berbicara,tutur bahasa yang digunakan sopan dan baik.
  5. Sifat kewibawaan seorang pendidk yang baik untuk peserta didik yaitu seorang pendidik haruslah berwibawa,bersikap sopan santun terhadap peserta didik saat melakukan proses pendidikan,karena seorang pendidik yang berwibawa layakmya seorang guru akan mampu membuat peseta didiknya berkarakter karena mereka mampu meniru teladan teladan yang baik dari pendidik mereka yang berwibawa, sifat sopan dan santun dalam berbicara juga mampu membuat interaksi antara pendidik dan peserta didik nyaman dan berjalan harmonis. Serta tidak memberikan dampak buruk kepada orang lain.
  6.       Tujuan intrinsik pendidik dan terbebas dari tujuan ekstrinsik maksudnya yaitu salah satu tujuan intrinsic pendidik yaitu adalah memberikan motivasi kepada pesreta didik dengan  mendorong peserta didk untuk melakukan suatu hal yang baik dengan tujuan dan kebutuhan yang hendak di capai dan di laukukan oleh diri sendiri bukan dorongan oleh orang lain misalnya,seorang itu sadar  setelah mendapatkan motivasi dari orang-orang terdekatnya kewajiban  sebagai seorang  mahasiswa untuk mengerjakan tugasnya dan belajar untuk mencapai cita-citanya.
     Terbebas dari unsure ekstrinsik maksudnya peserta didik memberikan motivasi kepada peserta didik dengan mendorong peserta didik untuk melakukan suatu hal yang baik dengan tujujan dan kebutuhan yang hendak di capai dan di lakukan oleh diri dengan adanya dorongan dari orang lain,misalnya seorang anak yang ingin melakukan sesuatu seperti belajar mereka dia mau belajar apabila anak itu di beri hadiah atau di beri sesuatu yang mereka minta.


  1. Keterkaitannya kewibawaan yang sopan dan santun mampu memancarkan/memberikan aura kasih sayang yang kuat dari pendidik kepada peserta didik yang di pancarkan oleh pendidik di situ peserta didik dengan mudahnya memberikan penguatan baik itu dalam bentuk motivasi yang mengarah pada hal yang positif cara penggunaannya menurut kelompok kami kewibawaan dalam proses pendidikan misalnya berbicara dengan tutur kata yang sopan dan santun serta sifat yang baik. Keteladanan dengan cara mencontohkan hal yang baik terhadap peserta didik mereka. Penguatan memberikan motivasi posotif yang dapat mendorong mereka kea rah yang lebih baik.
  2. Peserta didik yang otonom ialah pserta didik yang berdiri sendiri memiliki motivasi,hasrat,ambisi,cita-cita,mampu merasakan kesedihan,bisa senang dan bisa marah dan lain-lain. Sebagai subjek otonom peserta didik ingin selalu mengembangkan diri secara terus menerus agar bisa memecahkan masalah.

No comments:

Post a Comment