RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 9 PONTIANAK
Mata Pelajaran : Biologi IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII /
1
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi dasar : 4.1Mencari informasi tentang
kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu : 3 x 40 menit. ( 1 x pertemuan)
A. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan efek samping bahan kimia yang
terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
B. Tujuan
1. Siswa
dapat dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari.
2. siswa
dapat siswa dapat menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam
produk rumah tangga.
C. Materi Ajar/ Sub Materi
Bahan
Kimia di Rumah Tangga
Berkembangnya
ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan produk-produk industri yang
dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Bahan kimia yang telah diketahui
manfaatnya dikembangkan dengan cara membuat produk-produk yang berguna untuk
kepentingan manusia dan lingkungannya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui
jenis, sifat-sifat, kegunaan, dan efek samping dari setiap produk yang kita
gunakan atau kita lihat sehari-hari.
Bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari dapat dikelompokkan berdasarkan bagan dibawah
ini:
Banyak ragam bahan kimia yang ada dalam kehidupan
sehari-hari. Beberapa kelompok bahan kimia yang dimaksud, di antaranya adalah:
1. pembersih;
2. pemutih pakaian;
3. pewangi;
1. Pembersih
Dalam
kehidupan sehari-hari, kita mengenal berbagai bahan kimia pembersih, di
antaranya sabun dan detergen.
Adapun jenis bahan kimia yang dapat digunakan
sebagai pembersih antara lain:
- pembersih badan,
- pembersih rambut,
- pembersih motor dan mobil,
- pembersih piring,
- pembersih baju,
- pembersih lantai
Kita
perlu hati-hati dalam memilih bahan pembersih, bahan tersebut jangan sampai
menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap lingkungan. Beberapa jenis detergen
sukar diuraikan oleh pengurai. Jika detergen ini bercampur dengan air tanah
yang dijadikan sumber air minum manusia atau binatang ternak maka air tanah
tersebut akan membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya memilih
detergen yang limbahnya dapat diuraikan oleh mikrorganisme (biodegradable).
Pengaruh buruk yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian detergen yang tidak
selektif atau tidak hati-hati adalah:
- Menimbulkan limbah rumah tangga berupa
busa.
- Busa yang ditimbulkan sabun dapat
diuraikan oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, sedangkan busa yang
dihasilkan dari detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah
Pencegahannya
Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain sebagai
berikut.
- Menggunakan detergen dengan
konsentrasi yang encer dan kadar ABS yang rendah.
- Menggunakan detergen yang mudah
terurai, seperti sodium dodesil sulfat (SDS).
- Menyimpan sabun pada tempat yang benar
sehingga jauh dari jangkauan anak.
2. Pemutih
Pemutih
biasanya dijual dalam bentuk larutannya dan digunakan untuk menghilangkan
kotoran atau noda berwarna yang sukar dihilangkan dengan hanya menggunakan
sabun atau detergen. Larutan pemutih yang dijual di pasaran biasanya mengandung
bahan aktif natrium
hipoklorit (NaOCl) sekitar 5%. Selain digunakan
sebagai pemutih dan membersihkan noda, juga digunakan untuk desinfektan
(membasmi kuman). Pada umumnya, bahan pemutih yang dijual di pasaran sudah aman
untuk dipakai selama pemakaiannya sesuai dengan petunjuk. Selain dengan noda,
zat ini juga bisa bereaksi dengan zat warna pakaian sehingga dapat memudarkan
warna pakaian. Oleh karena itu, pemakaian pemutih ini harus sesuai petunjuk.
- Bagaimana pemutih dapat menghilangkan
kotoran yang membandel pada pakaian putih?
- Dalam bahan pemutih mengandung
hipoklorit Ca(ClO2) yang biasanya dikenal kaporit, dan larutan pemutih
mengandung natrium hipoklorit (NaClO). Bahan pemutih akan mengoksidasi kotoran
sehingga kotoran tersebut akan larut dalam air
Efek Samping Penggunaan Pemutih
- Bahan pemutih pakaian umumnya
mengandung senyawa klorin yang dapat merusak serat kain dan warna pakaian.
- Senyawa klorin juga dapat menyebabkan
iritasi pada kulit.
- Bahan pemutih kulit yang mengandung
merkuri atau raksa yang berlebihan dapat merusak sistem saraf
Pencegahannya
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk dari
penggunaan pemutih, antara lain:
- Hindari penggunaan jenis pemutih yang
mengandung merkuri.
- Hanya menggunakan produk pemutih jika
kotoran atau noda sulit dihilangkan oleh sabun atau detergen.
3. Pewangi
Pewangi
merupakan bahan kimia lain yang erat kaitannya dengan kehidupan kita
sehari-hari. Kita dapat memperoleh bahan pewangi dari bahan alam maupun
sintetik. Selain zat yang menimbulkan aroma wangi, pewangi yang dijual di
pasaran biasanya mengandung zat-zat lain, seperti alcohol untuk pewangi yang
berbentuk cair dan tawas untuk pewangi yang berbentuk padat.
Selain
alkohol, masih terdapat beragam zat tambahan lainnya yang sengaja ditambahkan
ke dalam pewangi agar parfum mudah disemprotkan (zat tersebut berfungsi sebagai
propelan). Di antara zat-zat tambahan yang dapat berfungsi sebagai propelan
tersebut ada yang dapat mencemari lingkungan. Propelan tertentu jika lepas ke
udara kemudian masuk ke atmosfer bagian atas akan dapat merusak lapisan ozon.
Selain itu juga berdampak pada kesehatan manusia antara lain mengiritasi mata,
hidung, tenggorok, kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang
ingatan, kanker, dan tumor, kerusakan hati, menyebabkan iritasi ringan hingga
menengah pada paru-paru, termasuk gejala seperti asma.
Metode Pendekatan
Model Pembelajaran :
diskusi dan Tanya jawab.
Kegiatan
pembelajaran
Pertemuan
ke-1
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Kegiatan
Awal
Salam dan do’a
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan
memberikan salam dan do’a.
2. Guru mengabsen siswa dengan menanyakan
siapa yang tidak hadir, guru menanyakan kabar siswa.
Motivasi dan apersepsi.
Apersepsi
Apa yang dimaksud dengan atom, ion
dan molekul ?
Berikan contoh atom, ion dan molekul?
Motivasi
Cobalah kamu amati bahan-bahan kimia apa saja yang
ada di sekelilingmu. Golongkanlah semua bahan kimia itu
dalam tiga golongan besar yakni bahan kimia rumah tangga
(pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga). Dapatkah kamu
mengidentifikasi kegunaan
dan efek samping dari semua bahan kimia tersebut? Pada bab ini kamu
diajak untuk mempelajari kegunaan dan efek samping semua bahan kimia yang ada
dalam kehidupan keseharian kamu.
Prasyarat pengetahuan
Bahan kimia penyusun bahan pembersih dibedakan atas bahan utama (bahan
aktif) dan bahan tambahan (bahan aditif). Bahan utama untuk masing-masing
bahan pembersih ditunjukkan dalam cetak tebal, sedangkan yang lain adalah
sebagai bahan tambahan. Bahan aditif ditambahkan ke dalam bahan pembersih
untuk memenuhi fungsi-fungsi sebagai penguat (builder), pelembut (pada pakaian),
pewarnaan, pemberi aroma (pewangi), pengawet, pengental, dan medium
(pelarut). Bahan aktif pada bahan
pembersih berfungsi sebagai surfaktan.
c. guru menyampaikan
tujuan pemebelajaran
1. Siswa
dapat dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
siswa dapat siswa dapat menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat
dalam produk rumah tangga.
|
15 menit
|
B.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.
Guru
menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang
akan dipelajari.
2.
Elaborasi
a. Guru menjelaskan materi kimia rumah tangga dengan bantuan slide
power point.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
c. Guru memberikan
penguatan dari jawaban siswa.
d. guru menunjuk siswa
untuk menjelaskan kembali.
e. guru mengkondisikan
siswa untuk bermain adu nomor.
f. Guru meminta siswa
untuk membentuk kelompok.
g. guru meminta siswa
perwakilan kelompok untuk maju kedepan mengambil kartu secara bergantian.
h. guru meminta siswa
untuk menjawab soal yang sudah ada didalam kartu beserta skornya.
i. guru meminta siswa
untuk memberi total skor yang mereka dapat dari menjawab soal tersebut.
3. Konfirmasi.
1.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan.
2.
Guru
memberikan refleksi terhadap materi yang telah dibahas dengan memberi
penguatan.
3.
Guru
memberikan penghargaan bagi kelompok siswa yang mendapat skor tertinggi.
|
90 menit
|
C.
Penutup
1.
Guru memberikan penilaian secara tertulis/lisan.
2. memberkan tugas kelompok.
3. mengucapkan rasa syuur setelah melakukan kegiatan
dengan mengucapkan Alhamdulillah.
|
15 menit
|
|
|
7
Sumber Belajar
Buku LKS IPA
Buku IPA TERPADU Penerbit Erlangga
Referensi yang relevan
8
Soal-soal
tugas dirumah
Soal
latihan yang diberikan guru adalah soal yang ada didalam LKS dan Buatlah
makalah tentang bahan kimia rumah tangga dan hubungannya dengan pencemaran
lingkungan, bagaimana solusi untuk mencegahnya serta efek samping yang
ditimbulkan bagi kesehatan.
Tugas secara
berkelompok, cari literatur di internet, dikumpul 1 minggu lagi.
9. Teknik Penilaian .
No
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Apa saja jenis bahan kimia
rumah tangga
|
Pembersih
Pemutih
Pewangi
Pembasmi hama
|
30
|
2.
|
Apa yang dimaksud dengan
surfaktan
|
Suatu zat menurunkan tegangan permukaan suatu
cairan.
|
30
|
3.
|
Sebutkan 4 efek samping
yang dapat ditimbulkan jika terlalu banyak mengkonsumsu bahan kimia rumah tangga
|
mengiritasi mata, hidung, tenggorok,
kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang ingatan, kanker, dan
tumor, kerusakan hati, menyebabkan iritasi ringan hingga menengah pada
paru-paru, termasuk gejala seperti asma.
|
40
|
Teknik penilain posttest
Teknik :
Postest
Bentuk instrumen : soal
latihan
Nilai Siswa
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 dengan persamaan sebagai
berikut:
Pontianak, September 2015
Guru
ppl
Ira
Sari
NIM
F17112008
No comments:
Post a Comment