Sunday, November 15, 2015


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMPN 9 PONTIANAK
Mata Pelajaran          :  Biologi IPA Terpadu
Kelas / Semester        :  VIII  / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi dasar     : 4.1Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia                       dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu            : 3 x 40 menit. ( 1 x pertemuan)

A.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
B.     Tujuan
1. Siswa dapat dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. siswa dapat siswa dapat menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk rumah tangga.

C.    Materi Ajar/ Sub Materi
Bahan Kimia di Rumah Tangga
            Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan produk-produk industri yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Bahan kimia yang telah diketahui manfaatnya dikembangkan dengan cara membuat produk-produk yang berguna untuk kepentingan manusia dan lingkungannya. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui jenis, sifat-sifat, kegunaan, dan efek samping dari setiap produk yang kita gunakan atau kita lihat sehari-hari.
            Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dapat dikelompokkan berdasarkan bagan dibawah ini:
Banyak ragam bahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kelompok bahan kimia yang dimaksud, di antaranya adalah:
1. pembersih;
2. pemutih pakaian;
3. pewangi;

1. Pembersih
            Dalam kehidupan sehari-hari, kita mengenal berbagai bahan kimia pembersih, di antaranya sabun dan detergen.
Adapun jenis bahan kimia yang dapat digunakan sebagai pembersih antara lain:
- pembersih badan,
- pembersih rambut,
- pembersih motor dan mobil,
- pembersih piring,
- pembersih baju,
- pembersih lantai
            Kita perlu hati-hati dalam memilih bahan pembersih, bahan tersebut jangan sampai menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap lingkungan. Beberapa jenis detergen sukar diuraikan oleh pengurai. Jika detergen ini bercampur dengan air tanah yang dijadikan sumber air minum manusia atau binatang ternak maka air tanah tersebut akan membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya memilih detergen yang limbahnya dapat diuraikan oleh mikrorganisme (biodegradable). Pengaruh buruk yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian detergen yang tidak selektif atau tidak hati-hati adalah:
- Menimbulkan limbah rumah tangga berupa busa.
- Busa yang ditimbulkan sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, sedangkan busa yang dihasilkan dari detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme di dalam tanah
Pencegahannya
Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.
- Menggunakan detergen dengan konsentrasi yang encer dan kadar ABS yang rendah.
- Menggunakan detergen yang mudah terurai, seperti sodium dodesil sulfat (SDS).
- Menyimpan sabun pada tempat yang benar sehingga jauh dari jangkauan anak.

2. Pemutih
            Pemutih biasanya dijual dalam bentuk larutannya dan digunakan untuk menghilangkan kotoran atau noda berwarna yang sukar dihilangkan dengan hanya menggunakan sabun atau detergen. Larutan pemutih yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan aktif natrium
hipoklorit (NaOCl) sekitar 5%. Selain digunakan sebagai pemutih dan membersihkan noda, juga digunakan untuk desinfektan (membasmi kuman). Pada umumnya, bahan pemutih yang dijual di pasaran sudah aman untuk dipakai selama pemakaiannya sesuai dengan petunjuk. Selain dengan noda, zat ini juga bisa bereaksi dengan zat warna pakaian sehingga dapat memudarkan warna pakaian. Oleh karena itu, pemakaian pemutih ini harus sesuai petunjuk.
- Bagaimana pemutih dapat menghilangkan kotoran yang membandel pada pakaian putih?
- Dalam bahan pemutih mengandung hipoklorit Ca(ClO2) yang biasanya dikenal kaporit, dan larutan pemutih mengandung natrium hipoklorit (NaClO). Bahan pemutih akan mengoksidasi kotoran sehingga kotoran tersebut akan larut dalam air
Efek Samping Penggunaan Pemutih
- Bahan pemutih pakaian umumnya mengandung senyawa klorin yang dapat merusak serat kain dan warna pakaian.
- Senyawa klorin juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
- Bahan pemutih kulit yang mengandung merkuri atau raksa yang berlebihan dapat merusak sistem saraf
Pencegahannya
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk dari penggunaan pemutih, antara lain:
- Hindari penggunaan jenis pemutih yang mengandung merkuri.
- Hanya menggunakan produk pemutih jika kotoran atau noda sulit dihilangkan oleh sabun atau detergen.

3. Pewangi
            Pewangi merupakan bahan kimia lain yang erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat memperoleh bahan pewangi dari bahan alam maupun sintetik. Selain zat yang menimbulkan aroma wangi, pewangi yang dijual di pasaran biasanya mengandung zat-zat lain, seperti alcohol untuk pewangi yang berbentuk cair dan tawas untuk pewangi yang berbentuk padat.
            Selain alkohol, masih terdapat beragam zat tambahan lainnya yang sengaja ditambahkan ke dalam pewangi agar parfum mudah disemprotkan (zat tersebut berfungsi sebagai propelan). Di antara zat-zat tambahan yang dapat berfungsi sebagai propelan tersebut ada yang dapat mencemari lingkungan. Propelan tertentu jika lepas ke udara kemudian masuk ke atmosfer bagian atas akan dapat merusak lapisan ozon. Selain itu juga berdampak pada kesehatan manusia antara lain mengiritasi mata, hidung, tenggorok, kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang ingatan, kanker, dan tumor, kerusakan hati, menyebabkan iritasi ringan hingga menengah pada paru-paru, termasuk gejala seperti asma.

Metode Pendekatan
Model Pembelajaran               : diskusi dan Tanya jawab.
     
Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1


Kegiatan
Waktu
A.    Kegiatan Awal
Salam dan do’a
1.      Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan salam dan do’a.
2.      Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siapa yang tidak hadir, guru menanyakan kabar siswa. 

Motivasi dan apersepsi.
Apersepsi
 Apa yang dimaksud dengan atom, ion dan molekul ?
Berikan contoh atom, ion dan molekul?

Motivasi
Cobalah kamu amati bahan-bahan kimia apa saja yang
ada di sekelilingmu. Golongkanlah semua bahan kimia itu
dalam tiga golongan besar yakni bahan kimia rumah tangga
(pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga). Dapatkah kamu mengidentifikasi kegunaan
dan efek samping dari semua bahan kimia tersebut? Pada bab ini kamu diajak untuk mempelajari kegunaan dan efek samping semua bahan kimia yang ada dalam kehidupan keseharian kamu.

Prasyarat pengetahuan
Bahan kimia penyusun bahan pembersih dibedakan atas bahan utama (bahan aktif) dan bahan tambahan (bahan aditif). Bahan utama untuk masing-masing
bahan pembersih ditunjukkan dalam cetak tebal, sedangkan yang lain adalah sebagai bahan tambahan. Bahan aditif ditambahkan ke dalam bahan pembersih untuk memenuhi fungsi-fungsi sebagai penguat (builder), pelembut (pada pakaian), pewarnaan, pemberi aroma (pewangi), pengawet, pengental, dan medium (pelarut). Bahan aktif pada bahan
pembersih berfungsi sebagai surfaktan.


c. guru menyampaikan tujuan pemebelajaran
1. Siswa dapat dapat menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. siswa dapat siswa dapat menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk rumah tangga.

15 menit
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Guru menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari.

2.      Elaborasi
a. Guru menjelaskan materi kimia rumah tangga dengan bantuan slide power point.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa. 
c. Guru memberikan penguatan dari jawaban siswa. 
d. guru menunjuk siswa untuk menjelaskan kembali.
e. guru mengkondisikan siswa untuk bermain adu nomor.
f. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok.
g. guru meminta siswa perwakilan kelompok untuk maju kedepan mengambil kartu secara bergantian.
h. guru meminta siswa untuk menjawab soal yang sudah ada didalam kartu beserta skornya.
i. guru meminta siswa untuk memberi total skor yang mereka dapat dari menjawab soal tersebut.


 
3.      Konfirmasi.
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
2.      Guru memberikan refleksi terhadap materi yang telah dibahas dengan memberi penguatan.
3.      Guru memberikan penghargaan bagi kelompok siswa yang mendapat skor tertinggi.
90 menit


C.    Penutup
1.      Guru memberikan penilaian secara tertulis/lisan.
2.      memberkan tugas kelompok.
3.      mengucapkan rasa syuur setelah melakukan kegiatan dengan mengucapkan Alhamdulillah.
15 menit



7        Sumber Belajar
Buku LKS IPA
Buku IPA TERPADU Penerbit Erlangga
Referensi yang relevan

8        Soal-soal tugas dirumah


      Soal latihan yang diberikan guru adalah soal yang ada didalam LKS dan Buatlah makalah tentang bahan kimia rumah tangga dan hubungannya dengan pencemaran lingkungan, bagaimana solusi untuk mencegahnya serta efek samping yang ditimbulkan bagi kesehatan.
Tugas secara berkelompok, cari literatur di internet, dikumpul 1 minggu lagi.

9. Teknik Penilaian .


             
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Apa saja jenis bahan kimia rumah tangga
Pembersih
Pemutih
Pewangi
Pembasmi hama
30
2.
Apa yang dimaksud dengan surfaktan
Suatu zat menurunkan tegangan permukaan suatu cairan.
30
3.
Sebutkan 4 efek samping yang dapat ditimbulkan jika terlalu banyak mengkonsumsu  bahan kimia rumah tangga
mengiritasi mata, hidung, tenggorok, kulit, mengakibatkan mual, pusing, perdarahan, hilang ingatan, kanker, dan tumor, kerusakan hati, menyebabkan iritasi ringan hingga menengah pada paru-paru, termasuk gejala seperti asma.

40







Teknik penilain posttest


Teknik                        : Postest
Bentuk instrumen       : soal latihan

Nilai Siswa
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 dengan persamaan sebagai berikut:


Pontianak,      September  2015
                                                                                                Guru ppl


                                                                                               
                                                                                                Ira Sari          
                                                                                                NIM F17112008








          














No comments:

Post a Comment