Sunday, November 15, 2015


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMPN 9 PONTIANAK
Mata Pelajaran          :  Biologi IPA Terpadu
Kelas / Semester        :  VIII  / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
Kompetensi dasar     : 4.4 Mendeskri-psikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
Alokasi waktu            : 4 x 40 menit. ( 2 x pertemuan)

A.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
2. Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika  bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 

B.     Tujuan
1. Siswa dapat dapat menjelaskan pengertian zat aditif dan psikotropika.
2. Siswa dapat siswa dapat menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika  bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.


C.    Materi Ajar/ Sub Materi

ZAT ADIKTIF
                Zat adiktif adalah zat-zat kimia yang dapat menimbulkan kecanduan atau ketagihan (adiksi) pada pemakainya. Contoh : narkoba (natkotika dan obat-obatan berbahaya).

a. Stimulan (obat perangsang)
Stimulan adalah golongan obat-obatan yang sangat efektif dalam memberikan rangsangan terhadap otak dan sistem syaraf. Contoh : kokain dan amfetamin (ekstasi).
Kokain adalah sejenis obat perangsang yang lebih kuat daripada amfetamin, obat ini dihasilkan dari daun koka (Erythroxylon coca).
Efek dari pemakaian obat ini adalah menghambat perasaan lapar, menurunkan perasaan letih, menurunkan kebutuhan tidur, memicu jantung, dan meningkatkan tekanan darah.
Secara medis, kokain digunakan untuk anastesi (pembiusan lokal), khususnya pembedahan hidung, tenggorokan, dan telinga.

b. Depresan (obat penenang)
Deperesan adalah golongan obat-obatan yang dapat mengakibatkan turunnya tingkat kesadaran. Contoh :
1. Morfin, diperoleh dari getah tumbuhan Papaver somniferum, berguna untuk menghilangkan/mengurangi rasa sakit, memberikan perasaan nyaman atau gembira, dan mengurangi perasaan cemas atau gelisah.
2. Barbital, tergolong obat penenang yang berguna membantu agar cepat tidur, menghalau kecemasan, ketegangan dan frustasi.

c. Halusinogen
Halusinogen adalah golongan obat-obatan yang menyebabkan timbulnya halusinasi (khayalan). Contoh : ganja.

B. JENIS DAN PENGGOLONGAN ZAT ADIKTIF
Narkoba
macam-macam narkoba, antara lain :
1.  Jenis candu, candu adalah jenis zat dari tanamanPapaver somniferum yang berisi zat kimia aktif. Contoh : heroin dan morfin.
2.  Jenis coca, coca adalah jenis tumbuhan yang dipergunakan daunnya untuk dikeringkan, kemudian  diolah. Hasilnya, berupa serbuk putih yang tidak berbau, yang disebut cocaine (kokain). Kokain digunakan dengan cara dihisap.
3.  Jenis LCD (Lysergic Acid Diethylamid), jenis obat-obatan untuk penderita penyakit lupa ingatan. LCD sering dialahgunakan oleh orang-orang yang frustasi. LCD dapat mengekibatkan penyakit ayan, gila, dan kangker darah.
4.   Jenis ganja (Cannabis sativa),  terdapat pada getah (dari bunga atau daun muda) tanaman ganja. Pengisapan ganja dapat digunakan dengan cara dicampur dengan rokok.

Ciri-ciri pengguna narkoba, antara lain :
1.       Setelah menggunakan, mata akan terlihat sembab.
2.       Kantung mata terlihat bengkak, merah, dan berair.
3.       Terlihat sering melamun.
4.       Pendengaran berkurang.
5.       Sulit berpikir dan kacau dalam berbicara.
6.       Perasaan gembira dan selalu tertawa, tetapi dapat juga cepat marah dan kurang bergairah.

  Alkohol (minuman keras)
 alkohol murni berupa zat cair, tidak berwarna, dan baunya segar. Alkohol dapat dihasilkan dari ekstraksi buah. Dalam jumlah kecil, alkohol dapat merangsang semangat dan memberi rasa segar, tetapi dalam jumlah besar alkohol dapat memperlambat reaksi tubuh. Minuman keras dikelompokkan menjadi :
1.       Minuman keras golongan A, kadar alkoholnya 1-5%. Contoh : bir.
2.       Minuman keras golongan B, kadar alkoholnya 5-20%. Contoh : anggur dan wiski.
3.       Minuman keras golongan C, kadar alkoholnya 20-55%. Contoh : arak dan wine.

Psikotropika
 Psikotropika adalah zat atau obat yang dapat memengaruhi aktivitas mental dan perilaku. Psikotropika berpotensi menyebabkan sindroma ketergantungan (adiksi). Psikotropika digolongkan menjadi empat, yaitu :
1.       Psikotropika golongan I, hanya digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan, mempunyai potensi sangat kuat dalam menyebabkan ketergantungan dan dinyatakan sebagai bahan terlarang. Contoh : ekstasi.
2.       Psikotropika golongan II, berkhasiat sebagai obat dan untuk tujuan ilmu pengetahan, mempunyai potensi yang kuat dalam menyebabkan ketergantungan. Contoh : fleksiklidine (PCP).
3.       Psikotropika golongan III, berkhasiat sebagai obat, digunakan dalam terapi serta tujuan ilmu pengetahuan, mempunyai potensi sedang dalam menyebabkan sindrom ketergantungan. Contoh : flunitra-zepam, rohipnol, dan megadon.
4.       Psikotropika golongan IV, berkhasiat sebagai obat dan sangat luas digunakan dalam terapi serta tujuan ilmu pengetahuan, mempunyai potensi ringan dalam menyebabkan sindrom ketergantungan. Contoh : alprazoma (xanax), bromazepam (lexotan), diazepam (valium), estazolam (esilgan), dan frisium.

C. ZAT ADIKTIF LAIN
a.  Inhalan, mempunyai bau menyengat tajam dan uapnya dapat masuk ke paru-paru, kemudian menjalar ke jaringan saraf (otak).
b. Nikotin (rokok), nikotin berupa minyak yang rasanya pahit dan jika dalam udara warnanya cokelat. Kecanduan nikotin akan merangsang syaraf pusat dan syaraf tepi untuk memacu kerja kelenjar sehingga menguncupkan usus kelenjar darah. Nikotin biasanya terdapat pada rokok, rokok dapat menyebabkan penyakit bronkitis, emfisema, infeksi tenggorokan, dan noda nikotin pada gigi.

c. Kafein (kopi dan teh), kafein berkhasiat menstimulasi susunan syaraf pusat dengan efek menghilangkan rasa lapar, letih, dan mengantuk. Kafein dapat meningkatkan daya konsentrasi dan suasana jiwa.

Metode pendekatan
·      Model Pembelajaran               : Kooperatif.
      Metode Pembelajaran             : diskusi dan Tanya jawab.

D.    Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1 dan ke-2


Kegiatan
Waktu
A.    Kegiatan Awal
Salam dan do’a
1.      Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan salam dan do’a.
2.      Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siapa yang tidak hadir, guru menanyakan kabar siswa. 


Motivasi dan apersepsi.
Apersepsi
 Apa yang dimaksud dengan zat aditif pada makanan?
Sebutkan contoh zat aditif alami dan buatan
Apa saja penggolongan zat aditif pada makanan  ?
Motivasi
Peringatan seperti gambar diatas sering kita lihat ditempat umum. Akan tetapi mengapa banyak perokok yang tampak tidak menghiraukan peringatan itu? Apa yang membuat rokok begitu spesial bagi mereka, sehingga tidak bisa meninggalkannya ? dalam bab ini kamu akan mempelajarinya dan diharapkan mengambil hikmah dan sikap yang diharapkan atas zat-zat aditif disekitarmu.

Prasyarat pengetahuan
Zat adiktif adalah zat-zat kimia yang dapat menimbulkan kecanduan atau ketagihan (adiksi) pada pemakainya. Contoh : narkoba (natkotika dan obat-obatan berbahaya).

c. guru menyampaikan tujuan pemebelajaran
1. Siswa dapat dapat menjelaskan pengertian zat aditif dan psikotropika.
2. Siswa dapat siswa dapat menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika  bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
15 menit
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.    Guru menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari.

2.      Elaborasi
a. Guru menyampaikan informasi mengenai zat adiktif dengan bantuan power point.
b. Guru menayangkan slide gambar. 
c. Guru berdiskusi dengan siswa bagaimana kesimpulan dari zat adiktif dan psikotropika. 
d. guru menjelaskan materi .
e. guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
f. guru memberikan penguatan materi dan penyamarataan persepsi.

      
3.      Konfirmasi.
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
2.      Guru memberikan refleksi terhadap materi yang telah dibahas dengan memberi penguatan.
130 menit


C.    Penutup
1.      Guru memberikan penilaian secara tertulis/lisan.
2.      memberkan tugas mandiri.
3.      mengucapkan rasa syuur setelah melakukan kegiatan dengan mengucapkan Alhamdulillah.
15 menit



7        Sumber Belajar
Buku LKS IPA
Buku IPA TERPADU Penerbit Erlangga
Referensi yang relevan

8        Soal-soal tugas dirumah


      Soal latihan yang diberikan guru adalah soal yang ada didalam LKS.
9. Teknik Penilaian .


             
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan psikotropika !
 Psikotropika adalah zat atau obat yang dapat memengaruhi aktivitas mental dan perilaku. Psikotropika berpotensi menyebabkan sindroma ketergantungan (adiksi).
30
2.
Sebutkan cirri-ciri orang yang kecanduan narkoba !
1.      Setelah menggunakan, mata akan terlihat sembab.
2.      Kantung mata terlihat bengkak, merah, dan berair.
3.      Terlihat sering melamun.
4.      Pendengaran berkurang.
40
3.
Sebutkan 3 macam-macam narkoba

Jenis candu
Jenis coca
Jenis ganja
30


Teknik penilain posttest


Teknik                        : Postest
Bentuk instrumen       : soal latihan

Nilai Siswa
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 dengan persamaan sebagai berikut:

Pontianak,      September  2015
                                                                                                Guru ppl

                                                                                               
                                                                                                Ira Sari          
                                                                                                NIM F17112008







No comments:

Post a Comment