Monday, March 10, 2014

LPJ BENDAHARA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA PANITIA PEPTIDA 2014


A.PENDAHULUAN

Dalam suatu kegiatan tidaklah terlepas dari bendahara adapun peran bendahara dalam kegiatan PePTIDA  yaitu untuk mengontrol keuangan, karena uang merupakan hal yang terpenting yang dapat menunjang lancarnya suatu kegiatan tanpa uang Kesuksesan pelaksanaan kegiatan dalam kepanitian semuanya tidak dapat dilepaskan dari faktor keuangan. Pengelolaan dan pengaturan keuangan dengan bijak menjadi sangat penting dalam menjalankan suatu kegiatan sehingga dapat terkontrol dengan baik.
  salah satu kegiatan Himdika FKIP Untan  yaitu( PePTIDA) Pengaplikasian dan elaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang di laksanaka pada tanggal 26 Januari – 3 Febuari di gedung cadika sintang , dimana PePTIDA yang mana salah satu dari dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengaplikasian pada masyarakat, adapun tujuan dari kegiatan yang kami selenggarakan yakni untuk menjalin kebersamaan serta memperat hubungan silaturahmi baik sesama mahasiswa maupun dengan masyarakat sekitar .

B.KONDISI OBJEKTIF
1.kondisi internal
Sejak awal pembentukan kepanitian, bendahara berjumlah satu orang yaitu
Ira Sari                        (F17112008)
            Kondisi internal bendahara selama kepanitian dalam keadaan yang baik. Walaupun bendahara tidak memiliki staff dan hanya bekerja sendirian tetapi bendahara mampu untuk mengontrol dan mengatur transaksi keuangan kepanitian dengan bijak. Didalam menjalankan program kerja yang ada, bendahara mampu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Kendala yang hadapi salah satunya misalnya adalah sulitnya dalam mengontrol keuangan yang mana bendahara harus bisa selektif dalam mengambil kebijakan dalam pengelolaan keuangan. Dalam melaksanakan program kerja yang ada, bendahara dibantu dan didukung dari pihak yang terkait sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan cukup baik.



2.kondisi eksternal
            Kondisi eksternal bendahara cukup baik yaitu adanya kerjasama antar setiap bidang kepanitian koordinasi bendahar dengan bidang yang lain cukup baik sehingga pengeluaran dapat terkontrol . Adapun kendala yangdi hadapi bendahara saat pertama kali kepanitian dibentuk yaitu sulitnya dalam melakukan penagihan biaya peptida yang telah telah di estimasikan,selain itu adanya hal yang tidak terduga yang melebihi estimasi yang dibuat.

C.HASIL KERJA
1.Membuat tabungan peserta dan panitia sesuai dengan dengan biaya yang di estimasikan
Dalam hal ini saya bekerja sama dengan bendahara peptida untuk pengumpulan uang tabungan, untuk tabungan peserta di kumpulkan pada bendahara HIMDIKAsedangkan untuk tabungan panitia dikumpulkan kesaya sendiri. Secara keseluruhan untuk peserta uang tabungan terkumpul sesuai dengan waktu yang ditentukan tetapi tidak pada panitia.
2.Mengontrol keuangan kepantian setiap bidang yaitu pemasukan dan pengeluaran.
Dalam hal ini saya mencatat dana yang masuk dari berbagai sumber dan dana yang keluar dari setiap bidang kepanitian dengan sebaik mungkin, sesuai dengan bukti nyata yang di serahkan baik itu berupa kwitansi atau nota yang menunjukan bahwa setiap bidang mengeluarkan dana yang jelas agar kegiatan berlangsung dengan baik denga tujuan agar dana yang keluar terlihat jelas.

D. KENDALA
Selama saya bertugas menjadi bendahara kegiatan PEPTIDA banyak sekali kendala yang dihadapi yaitu sebagai berikut:
1.      Estimasi  biaya yang terlalu besar bagi peserta dan panitia
Rekomendasi : lebih dikecilkan lagi dana yang akan dikeluarkan mengingat keluhan dari peserta dan panitia terhadap biaya yang telah diestimasikan
2.      Adanya kesulitan untuk menagih biaya PePTIDA dari penitia sehingga bendahara sulit untuk mengalokasikan dana untuk setiap bidang  kepanitian karena dana yag terkumpul tidak seutuhnya.
Rekomendasi : terus melakukapenagihan baik itu langsung bertemu dengan pihak yang bersangkutan maupun melakukan jarkom untuk mengingatkan.
3.      Adanya transaksi yang dilakukan tidak menyertakan bukti transaksi terutama pada bidang jasa dan pedagang kecil.
Rekomendasi : menggunakan kwitansi sendiri
4.      Adanya dana yang tak terduga  cukup besar melebihi dana tak terduga yang telah diestimasikan
Rekomendasi : buat dana aman.

E. REKOMENDASI
1.      Lebih di tegaskan lagi agar setiap transaksi menggunakan bukti agar keuangan yang keluar jelas sehingga memudahkan bendahara dalam membuat laporan keungan
2.      Koordinasi bendahara dengan setiap bidang lebih ditingkatkan agar dapat mengetahui dengan jelas dan yang dana yang dibutuhkan.
3.      Harus mengestimasikan biaya lebih dari yang akan diperlukan.
4.      Bendahara harus membuat dana aman

F.PENUTUP
            Demikian laporan pertanggung jawaban yang yang saya buat semoga menjadi koreksi bagi kepanitian selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi untuk kepanitian yang akan datang, saya selaku bendahar PEPTIDA 2014 menyadari banyak hal yang kurang baik yang saya lakukan dengan itu saya mohon maaf yang sebesarnya dan tidak lupa saya mengucapkan terima kasih yang sebesarnya pada pihak yang terkait yang telah bekenan membantu saya dari awal kepanitian dibentuk sampai kepanitian dibubarkan.










                            






 








 



                                                                





 

 
 



















 

 
 














































No comments:

Post a Comment